Perusahaan Wajib Punya SBU

      No Comments on Perusahaan Wajib Punya SBU

Badan usaha atau perusahaan yang akan mengerjakan proyek-proyek pemerintah harus memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU), Sertifikat Keahlian (SKA) dan Sertifikat Keterampilan (SKTK).

“Sesuai dengan PP nomor 4 tahun 2010, semua badan usaha atau perusahaan harus memiliki SBU, SKA/SKTK. Hal ini sangat menentukan keikutsertaan perusahaan dalam proyek perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan konstruksi,” kata Ketua LPJK Provinsi Babel, Bel Menara Olo Malau kepada bangkapos.com, Kamis (22/11/2012).

Bel Menara menegaskan bahwa jika perusahaan atau badan usaha tidak memiliki SBU, SKA/SKTK jangan berharap bisa mengikuti tender proyek pemerintah. SBU, SKA/SKTK akan diverifikasi dan validasi oleh asosiasi yang diberi wewenang dan selanjutnya diregistrasi oleh LPJK Provinsi Babel.

Bel merinci, sesuai surat edaran LPJK Nasional nomor 02/SE/LPJK-N/III/2012 tertanggal 22 Maret 2012 disebutkan nama-nama asosiasi perusahaan/profesi yang diberi wewenang melakukan verifikasi dan validasi yakni Gapensi, Gapeksindo, Kapeknas, Perkindo, Akaindo, Aspekindo, Akli, Inkindo, Aklindo. Sedangkan asosiasi profesi yang berwenang yakni Ataki, Asttatindo, HPJI, Haki, Intakindo.

“Institusi pendidikan dan pelatihan yang diberi wewenang yakni LP2K Gamana Krida Bhakti. Asosiasi yang diberi wewenang mengumpulkan berkas yakni AKKLindo dan AKEI,” jelas Bel.

Bel menambahkan, terhitung sejak 1 Oktober 2012, maka SBU yang diberlakukan adalah SBU yang menggunakan blangko baru yang diterbitkan LPJK Nasional berdasarkan PP No 92 tahun 2010.

“Informasi mengenai asosiasi perusahaan, profesi, institusi pendidikan dan pelatihan secara nasional dapat diunduh pada website www.lpjk.net,” jelas Bel.

Penulis: respisiusleba
Editor: fitriadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *